$RECYCLE.BIN


Baru baru ini aku mengalami masalah dengan PC ku, tiap kali aku menghapus files dari Drive C, maka ga akan masuk ke Recycle Bin, melainkan akan terhapus secara permanen. Sedangkan kebiasaan aku dalam menghapus File adalah biarkan file tersebut masuk Recycle Bin , kemudian aku akan menghapusnya secara permanen Dengan Tune Up Shredder.

Aku masuk Propertis Recycle Bin , dan aku setting dengan mengunakan custom size dan bukan delete immediately, tapi yang membuat aku heran adalah masalah ini timbul kalau aku menghapus file di Drive C saja, Kalau di Drive yang lain biasa kalau aku hapus akan masuk recycle bin dulu.

Lalu aku berfikir mungkinkah Recycle Bin ini penuh sehingga File yang aku hapus ga masuk Recycle Bin tapi terhapus dengan permanen. Tapi kalau Recycle Bin ini penuh kenapa icon itu selalu kosong? Itu lah yang terfikir olehku.

Akhirnya aku googling kesana kemari dan aku menemukan penyelesainya. Pada intinya Recycle Bin dapat membuat folder di setiap Drive, pada Windows 7 folder itu adalah $RECYLE.BIN. Dan Recycle bin yang ada di desktop adalah kumpulan dari $RECYCLE.BIN pada tiap tiap drive.

Untuk menampilkan foder $RECYCLE.BIN yaitu:

  • Kalian masuk Windows Explorer kemudian buka folder option dengan cara klik Organize>Folder and search options maka akan keluar jendela baru.

folder option

  • Selanjutnya Klik tab View, kemudian beri tanda pada Show hiden files, folders and drivers. Serta hilangkan tanda check pada Hide protected operating system.

show hiden files

Sekarang kalian bisa melihat Folder $RECYCLE.BIN pada tiap tiap drive. Dalam folder tersebut ada nama folder yang aneh misalnya S-1-5-21-3476522507-3891950035-2398225931-501. Folder Aneh tersebut adalah folder tiap tiap user yang ada dalam komputer kita.

isi $recyclebin

 

Sekarang kembali ke masalah awal yaitu File yang dihapus ga mau masuk recycle bin, tapi akan terhapus secara permanen. Itu dikarenakan kapasitas recycle pada drive tersebut sudah penuh dikarenakan recycle bin dari tiap tiap user pada komputer kita tersebut, Walaupun user itu dah dihapus. Pemecahan masalahnya adalah dengan menghapus folder $RECYCLE.BIN tersebut. Caranya adalah:

  • Klik Start menu>Accessories>Commad Prompt. Klik kanan kemudian klik Run As Administrator.

open command prompt

  • Setelah jendela Command Prompt terbuka ketikan rd /s $RECYCLE.BIN kemudian klik Enter

RD

  • Selanjutnya ketik Y dan klik enter

y

  • Dengan begitu Foder $RECYCLE.BIN kalian dah terhapus. Untuk keluar command prompt ketik Exit kemudian Enter

exit

Sekarang folder $RECYCLE.BIN sudah hilang, dan kalau kita menghapus sebuah file atau lebih pasti akan masuk recycle bin.

hilang

Dan dengan otomatis Recycle Bin akan membuat folder $RECYCLE.BIN lagi

folder baru 

Semoga itu bisa membantu kalian yang mempunya masalah yang sama dengan aku yaitu file yang dihapus ga masuk recycle bin.

Baca juga menghapus file yang ga bisa dihapus dengan unlocker.

About reddof
Yach, ga ada yang special tentang gue.

Tinggalkan Balasan

