Mengetahui PSU Masih Baik atau Sudah Rusak


PSU  (Power Supply Unit) dalam bahasa Elektronika disebut Adaptor. Komponen satu ini amat penting karena tanpa adanya PSU ini Komputer ga akan dapat hidup. Suatu hari aku pernah mengalami komputerku tiba tiba mati dan ga bisa dihidupin lagi. Maka yang pertama aku check adalah bagian PSU ini karena semua Komputerku waktu itu ga bisa dihidupin sama sekali.

Trus gimana cara mengetahui kalau PSU itu masih baik atau sudah rusak. Sebenarnya caranya sangatlah mudah. Dan mungkin banyak orang yang udah mengetahuinya. Nah hari ini aku akan bagi dikit tutorial gimana cara mengetahui bahwa PSU tu masih baik atau dah rusak. Langsung aja ke cara caranya.

Sebelum melakukan pengecekan terlebih dahulu siapkan alat alatnya:

  • PSU yang akan di periksa.

DSC00659

  • Gunting yang ada isolatornya pada peganganya.

DSC00660

Sekarang mari kita mulai pemeriksaanya:

  • Pertama matikan dulu Arus listrik yang mengalir ke PSU.
  • Kemudian cari kabel yang berwarna Hijau dan Hitam.

DSC00661

  • Kalau dah ketemu maka nyalakan kembali arus  listrik yang mengalir ke PSU.
  • Dengan menggunakan ujung gunting hubungkan ujung kabel Hijau dan Kabel Hitam.

DSC00668

  • Pada saat kabel itu dihubungkan dengan ujung gunting, tumpukan perhatian pada FAN.

Hasil Test adalah sebagai berikut:

  1. Apabila FAN tersebut berputar itu berarti PSU masih baik
  2. Tapi sebaliknya kalau FAN tersebut ga berputar itu berart PSU tersebut rusak.

Mudah kan sebenarnya, semoga tutorial kecil ini bisa membantu kalian. Jangan lupa tinggalkan komentar.

Baca Juga Free Screen Recorder.

Advertisements

About reddof
Yach, ga ada yang special tentang gue.

Tinggalkan Balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: